Senin, 09 Maret 2015

Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia 


Manajemen Sumber Daya Manusia - Seperti kita ketahui, Pengertian Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan serta pengendalian usaha perusahaan serta proses didalam mempergunakan seluruh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Ada beberapa jenis manajemen, salah satu diantaranya adalah Manajemen Sumber Daya Manusia
manajemen sumber daya manusia
Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia 

 

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan sebuah proses perencanaan untuk mengatur sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan agar sumber daya manusia yang dimiliki tersebut bisa dimaksimalkan keberadaannya dan ujungnya bisa memberikan nilai tambah bagi produk, ataupun nilai perusahaan itu sendiri

Kini, sumber daya manusia tidak lagi dipandang sebagai "hanya" sumber daya manusia semata, akan tetapi sudah banyak perusahaan yang memandangnya sebagai Aset bagi mereka. Aset yang bisa memberikan nilai lebih yang bisa dilipatgandakan, dapat memberikan kontribusi yang mendalam bagi kemajuan perusahaan bahkan sumber daya manusia juga dikembangkan sebagai alat investasi oleh beberapa perusahaan.

Walau pada kenyataanya banyak sekali perusahaan yang memandang sumber daya manusia hanya sebagai tenaga kerja saja, dan tak mampu mendapatkan hasil yang maksimal dari sebuah sumber daya manusia yang dimiliki. Kondisi seperti ini sesungguhnya amat disayangkan, sumber daya manusia yang perusahaan miliki bisa berkontribusi lebih, bisa memberikan nilai lebih, bahkan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih jika dikelola dengan sangat baik.

Kondisi perusahaan yang tidak mampu mengelola sumber daya manusia dengan baik bahkan bisa membuat sumber daya manusia tersebut menjadi beban bagi perusahaan tersebut. Karyawan bisa menjadi penghambat perusahaan dalam meraih keuntungan yang maksimal, kita sudah barang tentu sering kali mendengar buruh atau karyawan pabrik yang mogok kerja, berdemo, membuang waktu untuk menuntut ini itu, bahkan merugikan secara perusahaan secara langsung seperti perusakan, penggelapan dana dan yang lainnya.

Terlepas dari itu, Sumber Daya Manusia lebih baik untuk ditingkatkan untuk bisa memberikan dan menambah kemampuan dari sumber daya manusia yang dimiliki. Hal ini mampu mendukung terciptanya hubungan yang baik antara manajemen dengan sumber daya manusia yang mereka atur. sekaligus memberikan skill tambahan yang pada ujungnya akan menambah daya saing dan produktifitas kerja yang dihasilkan sumber daya manusia. Tentu saja hal ini bisa memberikan kemudahan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Notes:

Perlu untuk diingat, dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, manusia bukanlah mesin ataupun tool alat alat lain. sumber daya manusia adalah "manusia" yang perlu perlakuan khusus sepertil layaknya manusia, bukan sebagai mesin. Jadi hubungan yang diciptakan oleh Manajemen Sumber Daya Manusia selayaknya harus mengedepankan hubungan antar manusia dengan manusia, yang tidak seenaknya diatur layaknya sebuah mesin perusahaan.

Jika anda memiliki pertanyaan atau argumentasi lain, silahkan tingkalkan komentar pada artikel ini, terima kasih telah membaca Manajemen Sumber Daya Manusia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar