Senin, 09 Maret 2015

Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran


Definisi Manajemen Pemasaran adalah sebuah proses danmanajerial yang membuat seorang individu ataupun sebuah kelompok memperoleh suatu hal yang mereka perlukan dengan menghasilkan, menawarkan serta menukarkan produk yang memiliki nilai kepada pihak lain

Atau dalam bahasa yang lebih ringkas, Manajemen Pemasaran adalah suatu hal yang berkaitan dengan penyampaian produk barang atau jasa yang dihasilkan produsen ke tangan konsumen.

manajemen pemasaran
Manajemen Pemasaran

Konsep Pemasaran

 

Konsep dalam pemasaran bisa terbagi menjadi beberapa bagian, konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global

1. Konsep Produksi

Pada Manajemen Pemasaran, konsep produksi diartikan konsumen selalu senang terhadap produk yang tersedia diberbagai tempat dengan harga yang murah. Tugas manajemen adalah memproduksi barang atau jasa untuk menampung keinginan para konsumen yang ditargetkan

1. Konsep Produk

Pada konsep ini, setiap konsumen diasumskan senang terhadap produk dengan kualitas bagus, memiliki daya pikat tinggi dan memiliki manfaat yang diinginkan oleh konsumen.

2 Konsep Penjualan

Pada konsep penjualan, konsumen hanya dibiarkan saja, perusahaan harus menjalankan usaha penjualan dan promosi yang masif, agresif dan efektif

Konsep Pemasaran

Dalam konsep pemasaran, untuk mencapai kesuksesan dalam mencapai sasaran yang dituju perusahaan, harus tepat dalam menentukan kebutuhan dan keinginan pasar serta memberikan rasa puas sesuai dengan ekspektasi pasar

Konsep Pemasaran Sosial

Konsep ini mengemukakan tugas manajemen perusahaan utnuk menetukan setiap kebutuhan, keinginan, ekspektasi dan kepentingan pasar tujuan serta memberi kepuasan sesuai yang diharapkan pasar dengan cara yang efektif dan efisien

Konsep Pemasaran Global

Manajemen eksekutif berusaha untuk memahami seluruh faktor lingkungan yang bisa memberikan pengaruh terhadap pemasaran melalui manajemen strategi yang tepat. Semua dilakukan untuk memenuhi keinginan seluruh pihak yang ada pada perusahaan.
Baca juga Pengertian Manajemen

Fungsi Manajemen Pemasaran


Fungsi fungsi dari manajemen pemasaran terdiri atas :
  • Pengembangan Produk
  • Riset Konsumen
  • Promosi
  • Distribusi
  • Penetapan dasar harga
  • Pemberian layanan
Tujuan dari fungsi manajemen pemasaran tersebut untuk mengetahui, memberi pelayanan, memenuhi serta memuaskan kebutuhan konsumen. Dalam melakkannya, tentu diperlukan analisa terhadap konsumen yang akan disasar manajemen pemasaran. hal ini efeknya sangat viral dalam upaya memperebutkan persaingan pasar

Peranan Manajemen Pemasaran


Manajemen Pemasaran memiliki peran yang tidak hanya sekedar menyampaikan produk barang atau jasa hingga sampai di tangan para pelanggan atau konsumennya, namun juga mengusahakan kepuasan konsumen yang membeli produk yang ditawarkan agar tak kecewa. Perlu untuk diingat, sasaran manajemen pemasaran tidak hanya untuk menggaet pelanggan baru, namun juga mempertahankan pelanggan pelanggan yang sebelumnya sudah membeli produk yang ditawarkan agar pangsa pasar tetap terjaga dari perebutan persaingan sehingga kepuasan atas produk yang ditawarkan benar benar dirasakan oleh para konsumen.


Apabila anda memiliki pertanyaan atau koreksi, silahkan tinggalkan di kolom komentar. terima kasih telah membaca Manajemen Pemasaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar